BAB
I
LATAR
BELAKANG
![Gambar terkait](https://scontent-amt2-1.cdninstagram.com/t51.2885-15/sh0.08/e35/p750x750/18579729_113880109129894_9061538961926651904_n.jpg)
![Gambar terkait](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0PgpdMIZXcx3oz_WVOlWealj0c16mJVx9vIMH6tYotAfhGvQ71ui3FR2HNw1d9AM7Aus1Ptzy1y4U1hy8ow79F2AI7xC7j2Vn1hr8JnKmrQxJaQu6H7QyYFAD_snGSCIsi3jJNAjQdCM/s200/cengkaruk.jpg)
1.1 Identifikasi peluang bisnis
Makanan yang merupakan kebutuhan pokok manusia dalam kehidupannya kini semakin berkembang. Kebutuhan pokok
tersebut bukan hanya makanan berat seperti nasi; bubur; roti, dan makanan pokok
lainnya, tetapi makanan ringan atau yang sering disebut snack kini
sudah menjadi hal pokok yang dibutuhkan masyarakat dari berbagai tingkat
umur. Hal ini terbukti dengan adanya banyak produk snack yang
ditawarkan oleh perusahaan besar maupun kecil dan dipasarkan di warung-warung,
toko-toko, dan juga supermarket.
Di wilayah Kota Rembang sendiri, peluang bisnis snack sangat
terbuka lebar bagi para pelaku bisnis.
Dilihat dari banyaknya Kota Rembang yang berstatus mahasiswa datang dari
berbagai kota. Mereka cenderung menyukai jajan atau makanan ringan untuk
dikonsumsi karena bersifat praktis serta dapat dimakan kapanpun dan dimanapun. Selain
itu, banyak toko-toko agen makanan kecil sehingga memudahkan pelaku usaha untuk
mendistribusikan produknya tanpa harus membuang banyak tenaga untuk menjajakan
produk secara langsung dengan konsumen akhir.
Untuk membuat konsumen lebih leluasa
menikmati snack yang bervariasi, Kami menawarkan produk karak
goreng dengan berbagai rasa yang kami beri nama karakes. Biasanya, karak
ada di Kota Rembang bercita rasa manis dan asin. Namun, usaha Kami ini
akan memproduksi karak dengan rasa original, stroberi, nanas, durian,
mocca, dan keju. Selain memiliki rasa yang variatif, produk ini dilengkapi
dengan saus rasa yang menggugah selera.
1.2 Penjelasan produk
Pembuatan produk ini tidak begitu sulit, karena bahan mudah didapatkan
dan tidak membutuhkan terlalu banyak proses. Untuk membuat produk ini Kami
membutuhkan bahan utama nasi yang udah dikeringkan dan minyak goreng serta
bahan pembantu yang terdiri dari gula, garam, sari buah (stroberi, nanas, dan
durian), perasa mocca, dan keju.Selain itu, untuk memproduksinya juga
membutuhkan peralatan seperti baskom, wajan, serok dan susuk, serta nampan.
1.3 Latar belakang bisnis
Alasan Kami menawarkan produk ini adalah di zaman modern ini, snack khususnya
karak sangat diminati oleh masyarakat dari berbagai golongan dan berbagai tingkatan.
Namun, karak yang ada di Kota Rembang hanya memiliki cita rasa manis, asin, dan
coklat yang cenderung membuat konsumen mudah bosan dengan ketiga rasa itu.
Karena itu, Kami ingin memberikan cita rasa karak yang variatif pada konsumen
dan dipadukan dengan saus rasa agar konsumen bisa mengeksplorasi berbagai cita
rasa karak goreng.
1.4 Tujuan
Tujuan dari
didirikannya usaha ini adalah:
a) Untuk
mewujudkan misi kami yaitu berwirausaha
b) Memperoleh
keuntungan usaha
c) Menambah
penghasilan yang kelak bermanfaat bagi diri, keluarga, dan orang lain.
d) Memanfaatkan
produk rumahan menjadi produk yang lebih inovatif
e) Menembus
pasar lokal.
1.5 Potensi bisnis
Produk ini memiliki peluang bisnis yang sangat menjanjikan karena belum banyak produsen karak di Rembang bahkan jarang
yang memproduksiyang karang goreng yang memberikan cita rasa rasa variatif dan
inovatif.
BAB II
ANALISIS SWOT
1.1 Faktor internal
1) Strenght
a) Keunggulan produk
Kami mengangkat produk yang
variatif dan inovatif serta ditujukan untuk
semua segmen pasar sehingga penjualan
lebih besar
b) Bahan
baku
Bahan baku pembuatan produk ini mudah
diperoleh karena Kami menggunakan bahan
baku produk rumahan.
c)Tempat produksi yang strategis
memudahkan untuk melakukan pendistribusian agar sampai ke tangan konsumen
2) Weakness
a) Belum memiliki
cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha
masih sangat minim dan merupakan pokok masalah yang harus diatasi.
2.2 Faktor eksternal
1. Opportunities
a) Banyak konsumen
Produk ini ditujukan pada semua
golongan dan tingkat umur sehingga konsumen produk ini adalah seluruh lapisan
masyarakat
b) Pemasaran
Pemasaran produk ini bisa
dibilang cukup mudah karena kedekatan tempat produksi dengan masyarakat
2. Threat
a) Keacuhan konsumen
Terkadang ada orang yang tidak
begitu menyukai produk yang baru dan dirasa
aneh.
BAB
III
PERENCANAAN
BISNIS
3.1 Sasaran dan target pasar
Sasaran Kami adalah seluruh lapisan masyarakat di berbagai umur.Untuk
itu Kami memulai promosi di organisasi
kampus dan luar kampus yang Kami ikuti serta masyarakat sekitar. Selanjutnya
Kami akan promosi ke toko-toko dan Sentra-sentra kue lokal.
Ditinjau dari lokasi produksi dan
potensi pembeli, kawasan Jl.pantura Kota Rembang.merupakan tempat yang sangat cocok
untuk memasarkan kiripik, dan dengan didukungnya kawasan yang begitu ramai dan
letaknya tidak jauh dari tempat produksi yang akan Kami rencanakan.
BAB IV
STUDI KELAYAKAN
1.1 Lokasi
Produksi karak goreng aneka rasa ini
dilakukan di sebuah rumah bertempat didaerah Lasem.Disini, Kami menempati rumah
pribadi sebagai tempat produksi, karena memang tujuan awal adalah kegiatan Home
Industri.
1.2 Sarana dan prasarana
Sarana yang tersedia di tempat produksi
adalah adanya air bersih untuk melakukan
produksi dan adanya listrik yang memadai. Selain itu,
1.3 Sumber daya manusia
Untuk usaha awal, Kami membutuhkan 1
orang manajer, 3 orang sebagai karyawan
produksi, serta 2 orang bagian pemasaran. Untuk 3 orang sebagai karyawan
produksi, Kami mengambil dari saudara Kami yang sudah berpengalaman dalam
pembuatan karak goring dan hanya memerlukan sedikit pelatihan untuk menjadikan
karak goring menjadi karak goreng aneka rasa. Selain itu, Kami akan mengambil
dari teman ataupun masyarakat sekitar untuk menjadi karyawan dengan seleksi
yang benar-benar matang. Hal ini Kami lakukan untuk meningkatkan kualitas
produk serta dapat meningkatkan keuntungan.
Untuk
saat ini, sumber daya manusia sudah ada namun belum mencapai jumlah yang dibutuhkan. Namun, hal ini sudah
menjadi modal yang luar biasa bagi usaha yang akan Kami rintis.
BAB V
PENERAPAN STRATEGI
1. Strategi Pemasaran
Telah banyak jenis snack yang kini beredar
di masyarakat. Namun, dari sekian banyaknya
snack yang beredar di Kota Rembang hanya karak goreng yangbeda dan hanya
mempunyai rasa yang beda pula antara produsen yang lainnya. Oleh sebab itu,
masyarakat harus mengetahui tentang produk yang akan Kami produksi yang
memiliki varian rasa. Untuk itu, Kami telah menyusun strategi pemasaran.
Tahapan-tahapannya sebagai berikut:
a. Pengembangan
produk
Karak goring memang belum banyak dijumpai
di berbagai daerah.Namun, Kami
memberikan produk dengan rasa yang berbeda dengan tampilan yang lebih menarik.
Selain itu, Kami akanmenambahkan varian rasa yang lebih banyak. Varian rasa
adalah inti pemikat dari produk Kami karena dengan rasa yang baru konsumen
cenderung penasaran untuk mencoba.
b. Pengembangan
wilayah pemasaran
Area pemasaran utama adalah seluruh
lapisan dan golongan masyarakat. Kami akan
memasarkan produk pertama kali ke teman-teman mahasiswa serta para dosen.
Secara bertahap, Kami juga akan melakukan kerjasama dengan warung, toko-toko,
dan sentra-sentra kue tradisional. Media pemasaran yang Kami gunakan adalah secara
langsung (mulut ke mulut).
c. Kegiatan
promosi
Promosi masih berkaitan erat dengan
pemasaran karena di dalam pemasaran tersebut ada sebuah kegiatan yang digunakan
untuk mengenalkan serta memikat hati konsumen yang sering disebut promosi.
Kegiatan promosi akan dilakukan secara langsung (mulut ke mulut),
langsung dilakukan dengan menawarkan dan mengenalkan produk pada teman-teman
yang memiliki toko atau gerai. Selain itu,dll.
d. Pembelian
kolektif
Untuk memikat konsumen, Kami memberikan
pilihan pada konsumen untuk membeli produk
1. kardus atau lebih snack yang berisi
30 snack dengan harga yang lebih miring
dibanding membeli harga satuan.
2. Jika udah jadi konsumen tetap akan
mendapatkan potongan harga.
2.
Strategi produksi
Usaha Kami memproduksi makanan ringan sesuai
dengan kriteria yang usaha Kami tetapkan agar kualitas produk tetap
terjamin.Usaha karak goreng aneka rasa
ini memberikan pilihan kepada konsumen berbagai rasa yang disukai.Rasa karak
goreng aneka rasa yang ditawarkan tentunya sudah menjadi kesepakatan perusahaan
dan memenuhi kriteria usaha. Proses produksi dilakukan setiap hari selama ada waktu senggang. Hal ini bukan
berarti mengesampingkan usaha ini tapi karena kewajiban utama Kami sebagai
mahasiswa untuk belajar. Namun, dengan usaha yang dilakukan terus menerus,
usaha Kami akan mampu memenuhi permintaan pasar terhadap produk perusahaan.
3. Strategi pengelolaan SDM
Pengelolaan SDM merupakan hal yang
harus dilakukan suatu perusahaan sehingga
produktivitas dapat semakin berkembang dan kualitas karyawan pun semakin baik.
Tahap-tahap pengelolaan SDM yang akan perusahaan gunakan adalah:
a. Seleksi karyawan
Perusahaan menyeleksi karyawan dengan
melihat dari KSA (knowledge, skill, and
ability).Contohnya di bidang keuangan, perusahaan memilih calon karyawan yang
memiliki pengetahuan tentang akuntansi serta kemampuan untuk mengelola keuangan
perusahaan.Untuk bagian produksi, perusahaan menyeleksi calon karyawan dari
pengetahuannya tentang produksi produk perusahaan serta kemampuan untuk
mengolah bahan mentah produksi menjadi bahan jadi.Disini perusahaan mengambil
karyawan yang memang masih memiliki status kekeluargaan, dan masing-masing
memiliki pengalaman bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga.
b.Pelatihan karyawan
Karyawan yang telah diseleksi kemudian
dilatih dan diberi motivasi tentang apa tujuan perusahaan memproduksi Karak
Goreng Aneka Rasa ini, sehingga mereka memiliki kesamaan persepsi dan
pemikiran. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kualitas dan ciri khas yang
membedakan produk perusahaan dengan yang lain.
c. Sistem remunerasi yang seimbang
dan adil
Pembagian keuntungan dilakukan
berdasarkan hasil kesepakatan pada saat seleksi. Namun, tidak menutup
kemungkinan perusahaan akan memberikan bonus pada karyawan yang memiliki
produktivitas yang tinggi dan sungguh-sungguh dalam bekerja.
4. Strategi penetapan harga
Kemampuan untuk menentukan harga jual
yang tepat akan sangat menentukan nasib
penjualan produk di pasaran. Beberapa hal penting yang diperhatikan oleh
perusahaan dalam menetapkan harga jual di pasaran sebagai bagian dari manajemen
harga diantaranya adalah
a. Strategi pemasaran
Perusahaan mempertimbangkan harga
jual dengan perencanaan strategi pemasaran
yang baik karena laba perusahaan akan terpenuhi dari kemampuan dan strategi
pemasaran yang kreatif
b. Kualitas
dan inovasi produk
Faktor kualitas dan inovasi produk
perusahaan menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi usaha Kami dalam
menetapkan harga jual. Sehingga perusahaan Kami akan terus mempertahankan
kualitas produk yang baik dan inovasi produk yang berkelanjutan
c. Harga
pesaing
Perusahaan
juga melihat harga yang ditawarkan oleh produk makanan ringan lain untuk
mempertimbangkan penetapan harga.
Untuk
menarik konsumen, perusahaan akan menggunakan sistem multiple price, yaitu apabila konsumen membeli harga
dalam jumlah banyak, maka akan mendapatkan harga yang lebih murah dari harga
standar.
> Proses Produksi
Untuk memproduksi Karak Goreng Aneka
Rasa membutuhkan proses-proses sebagai berikut:
1) Keringkan nasi yang sudah
matang dengan kualitas pilihan di panas matahari selama 2 hari
2) Jika nasi sudah kering akan
menjadi karak
3
Kemudian pilih karak yang bersih dari kotoran
4) Panaskan sepertiga wajan
dengan minyak hingga 190
5) Goreng karak hingga berwarna
kuning keemasan dan tidak lembek
6) Angkat lalu tiriskan
![Gambar terkait](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjk94eNDl1VMZjk4fmbTqJHjIKYsBLLeuagtFvN6TFlgJXQ7mo8kB3qFDxk1Pxthl5rRPirCUcuP8KNyZLZa2ZPwHSog1BYKkJtLQ5LXB1jKZdYXBswvwbT_AojWW35rH_LbMaRTa6kWm0/s320/IMG_0007+copy.jpg)
![Gambar terkait](https://ahsanfile.files.wordpress.com/2012/12/wpid-20121226_105201.jpg)
![Gambar terkait](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjk94eNDl1VMZjk4fmbTqJHjIKYsBLLeuagtFvN6TFlgJXQ7mo8kB3qFDxk1Pxthl5rRPirCUcuP8KNyZLZa2ZPwHSog1BYKkJtLQ5LXB1jKZdYXBswvwbT_AojWW35rH_LbMaRTa6kWm0/s320/IMG_0007+copy.jpg)
Selanjutnya adalah proses pengemasan
produk. Pengemasan ini dilakukan dengan
memasukkan karak ke dalam plastik dan memasukkan label di dalamnya. Setelah
itu, lipat plastik bagian atas lalu di staples.
BAB VI
PENUTUP
1 .
Kesimpulan
Karak Goreng Aneka Rasa ini
berbeda dengan jenis keripik pisang yang ada di pasaran. Dengan menawarkan
harga yang relatif sama di pasaran namun Karak Goreng Aneka Rasa ini memberikan
varian rasa yang menarik sehingga masyarakat mendapatkan kepuasan yang lebih.
Produk ini ditujukan pada semua lapisan masyarakat. Pendistribusian produk agar
sampai tangan konsumen dilakukan dengan secara langsung dari produsen ke
konsumen serta melalui toko-toko dan koperasi mahasiswa
2 .Saran
Produk Karak Goreng Aneka Rasa
diproduksi dengan proses produksi yang sederhana dan membutuhkan keterampilan
oleh si produsennya. Oleh karena itu, perusahaan akan secara kontinyu
melakukan inovasi pada produk sehingga tidak membuat kejenuhan konsumen pada
produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar