produk



BAB I
LATAR BELAKANG


Gambar terkait  Gambar terkait



1.1 Identifikasi peluang bisnis
      Makanan yang merupakan kebutuhan pokok manusia dalam kehidupannya  kini semakin berkembang. Kebutuhan pokok tersebut bukan hanya makanan berat seperti nasi; bubur; roti, dan makanan pokok lainnya, tetapi makanan ringan atau yang sering disebut snack kini sudah menjadi hal pokok yang dibutuhkan masyarakat dari berbagai tingkat umur.  Hal ini terbukti dengan adanya banyak produk snack yang ditawarkan oleh perusahaan besar maupun kecil dan dipasarkan di warung-warung, toko-toko, dan juga supermarket.
  
      Di wilayah Kota Rembang sendiri, peluang bisnis snack sangat terbuka   lebar bagi para pelaku bisnis. Dilihat dari banyaknya Kota Rembang yang berstatus mahasiswa datang dari berbagai kota. Mereka cenderung menyukai jajan atau makanan ringan untuk dikonsumsi karena bersifat praktis serta dapat dimakan kapanpun dan dimanapun. Selain itu, banyak toko-toko agen makanan kecil sehingga memudahkan pelaku usaha untuk mendistribusikan produknya tanpa harus membuang banyak tenaga untuk menjajakan produk secara langsung dengan konsumen akhir.
       Untuk membuat konsumen lebih leluasa menikmati snack yang bervariasi, Kami menawarkan produk karak goreng dengan berbagai rasa yang kami beri nama karakes. Biasanya, karak  ada di Kota Rembang bercita rasa manis dan asin. Namun,  usaha Kami ini akan memproduksi karak dengan rasa original, stroberi, nanas, durian, mocca, dan keju. Selain memiliki rasa yang variatif, produk ini dilengkapi dengan saus rasa yang menggugah selera.

1.2 Penjelasan produk
      Pembuatan produk ini tidak begitu sulit, karena bahan mudah didapatkan dan tidak membutuhkan terlalu banyak proses. Untuk membuat produk ini Kami membutuhkan bahan utama nasi yang udah dikeringkan dan minyak goreng serta bahan pembantu yang terdiri dari gula, garam, sari buah (stroberi, nanas, dan durian), perasa mocca, dan keju.Selain itu, untuk memproduksinya juga membutuhkan peralatan seperti baskom, wajan, serok dan susuk, serta nampan.

1.3 Latar belakang bisnis
      Alasan Kami menawarkan produk ini adalah di zaman modern ini, snack khususnya karak sangat diminati oleh masyarakat dari berbagai golongan dan berbagai tingkatan. Namun, karak yang ada di Kota Rembang hanya memiliki cita rasa manis, asin, dan coklat yang cenderung membuat konsumen mudah bosan dengan ketiga rasa itu. Karena itu, Kami ingin memberikan cita rasa karak yang variatif pada konsumen dan dipadukan dengan saus rasa agar konsumen bisa mengeksplorasi berbagai cita rasa karak goreng.

1.4 Tujuan
        Tujuan dari didirikannya usaha ini adalah:
a) Untuk mewujudkan misi kami yaitu berwirausaha
b) Memperoleh keuntungan usaha
c) Menambah penghasilan yang kelak bermanfaat bagi diri, keluarga, dan  orang lain.
d) Memanfaatkan produk rumahan menjadi produk yang lebih inovatif
e)  Menembus pasar lokal.

1.5 Potensi bisnis
      Produk ini memiliki peluang bisnis yang sangat menjanjikan karena belum  banyak produsen karak di Rembang bahkan jarang yang memproduksiyang karang goreng yang memberikan cita rasa rasa variatif dan inovatif.





BAB II
ANALISIS SWOT

1.1 Faktor internal
      1)  Strenght
           a) Keunggulan produk
                Kami mengangkat produk yang variatif dan inovatif serta ditujukan  untuk semua     segmen pasar sehingga penjualan lebih besar
           b) Bahan baku
                Bahan baku pembuatan produk ini mudah diperoleh karena Kami  menggunakan bahan baku produk rumahan.
           c)Tempat produksi yang strategis memudahkan untuk melakukan pendistribusian agar sampai ke tangan konsumen
      2) Weakness
           a) Belum memiliki cukup pengalaman
               Pengalaman untuk memulai usaha masih sangat minim dan merupakan pokok masalah yang harus diatasi.

2.2 Faktor eksternal
      1. Opportunities
     a) Banyak konsumen
               Produk ini ditujukan pada semua golongan dan tingkat umur sehingga konsumen produk ini adalah seluruh lapisan masyarakat
         b) Pemasaran
              Pemasaran produk ini bisa dibilang cukup mudah karena kedekatan tempat produksi dengan masyarakat
      2. Threat
         a) Keacuhan konsumen
             Terkadang ada orang yang tidak begitu menyukai produk yang baru dan  dirasa aneh.


BAB III
PERENCANAAN BISNIS

3.1 Sasaran dan target pasar
      Sasaran Kami adalah seluruh lapisan masyarakat di berbagai umur.Untuk itu  Kami memulai promosi di organisasi kampus dan luar kampus yang Kami ikuti serta masyarakat sekitar. Selanjutnya Kami akan promosi ke toko-toko dan Sentra-sentra kue lokal.
       Ditinjau dari lokasi produksi dan potensi pembeli, kawasan Jl.pantura Kota  Rembang.merupakan tempat yang sangat cocok untuk memasarkan kiripik, dan dengan didukungnya kawasan yang begitu ramai dan letaknya tidak jauh dari tempat produksi yang akan Kami rencanakan.









BAB IV
STUDI KELAYAKAN

1.1  Lokasi
        Produksi karak goreng aneka rasa ini dilakukan di sebuah rumah bertempat didaerah Lasem.Disini, Kami menempati rumah pribadi sebagai tempat produksi, karena memang tujuan awal adalah kegiatan Home Industri.
1.2  Sarana dan prasarana
        Sarana yang tersedia di tempat produksi adalah adanya air bersih untuk  melakukan produksi dan adanya listrik yang memadai. Selain itu,
1.3  Sumber daya manusia
        Untuk usaha awal, Kami membutuhkan 1 orang manajer, 3 orang sebagai   karyawan produksi, serta 2 orang bagian pemasaran. Untuk 3 orang sebagai karyawan produksi, Kami mengambil dari saudara Kami yang sudah berpengalaman dalam pembuatan karak goring dan hanya memerlukan sedikit pelatihan untuk menjadikan karak goring menjadi karak goreng aneka rasa. Selain itu, Kami akan mengambil dari teman ataupun masyarakat sekitar untuk menjadi karyawan dengan seleksi yang benar-benar matang. Hal ini Kami lakukan untuk meningkatkan kualitas produk serta dapat meningkatkan keuntungan.
        Untuk saat ini, sumber daya manusia sudah ada namun belum mencapai  jumlah yang dibutuhkan. Namun, hal ini sudah menjadi modal yang luar biasa bagi usaha yang akan Kami rintis.




BAB V
PENERAPAN STRATEGI

1. Strategi Pemasaran
    Telah banyak jenis snack yang kini beredar di masyarakat. Namun, dari sekian  banyaknya snack yang beredar di Kota Rembang hanya karak goreng yangbeda dan hanya mempunyai rasa yang beda pula antara produsen yang lainnya. Oleh sebab itu, masyarakat harus mengetahui tentang produk yang akan Kami produksi yang memiliki varian rasa. Untuk itu, Kami telah menyusun strategi pemasaran. Tahapan-tahapannya sebagai berikut:
     a. Pengembangan produk
     Karak goring memang belum banyak dijumpai di berbagai daerah.Namun,  Kami memberikan produk dengan rasa yang berbeda dengan tampilan yang lebih menarik. Selain itu, Kami akanmenambahkan varian rasa yang lebih banyak. Varian rasa adalah inti pemikat dari produk Kami karena dengan rasa yang baru konsumen cenderung penasaran untuk mencoba.
     b. Pengembangan wilayah pemasaran
     Area pemasaran utama adalah seluruh lapisan dan golongan masyarakat. Kami  akan memasarkan produk pertama kali ke teman-teman mahasiswa serta para dosen. Secara bertahap, Kami juga akan melakukan kerjasama dengan warung, toko-toko, dan sentra-sentra kue tradisional. Media pemasaran yang Kami gunakan adalah secara langsung (mulut ke mulut).
     c. Kegiatan promosi
     Promosi masih berkaitan erat dengan pemasaran karena di dalam pemasaran tersebut ada sebuah kegiatan yang digunakan untuk mengenalkan serta memikat hati konsumen yang sering disebut promosi. Kegiatan promosi akan dilakukan secara langsung (mulut ke mulut),  langsung dilakukan dengan menawarkan dan mengenalkan produk pada teman-teman yang memiliki toko atau gerai. Selain itu,dll.
     d. Pembelian kolektif
     Untuk memikat konsumen, Kami memberikan pilihan pada konsumen untuk membeli produk
1.      kardus atau lebih snack yang berisi 30 snack dengan harga yang  lebih   miring dibanding  membeli harga satuan.
2.      Jika udah jadi konsumen tetap akan mendapatkan potongan harga.
2. Strategi produksi
    Usaha Kami memproduksi makanan ringan sesuai dengan kriteria yang usaha Kami tetapkan agar kualitas produk tetap terjamin.Usaha karak goreng aneka   rasa ini memberikan pilihan kepada konsumen berbagai rasa yang disukai.Rasa karak goreng aneka rasa yang ditawarkan tentunya sudah menjadi kesepakatan perusahaan dan memenuhi kriteria usaha. Proses produksi dilakukan setiap hari  selama ada waktu senggang. Hal ini bukan berarti mengesampingkan usaha ini tapi karena kewajiban utama Kami sebagai mahasiswa untuk belajar. Namun, dengan usaha yang dilakukan terus menerus, usaha Kami akan mampu memenuhi permintaan pasar terhadap produk perusahaan.

        3. Strategi pengelolaan SDM
              Pengelolaan SDM merupakan hal yang harus dilakukan suatu perusahaan  sehingga produktivitas dapat semakin berkembang dan kualitas karyawan pun semakin baik. Tahap-tahap pengelolaan SDM yang akan perusahaan gunakan adalah:
              a. Seleksi karyawan
                    Perusahaan menyeleksi karyawan dengan melihat dari KSA  (knowledge, skill, and ability).Contohnya di bidang keuangan, perusahaan memilih calon karyawan yang memiliki pengetahuan tentang akuntansi serta kemampuan untuk mengelola keuangan perusahaan.Untuk bagian produksi, perusahaan menyeleksi calon karyawan dari pengetahuannya tentang produksi produk perusahaan serta kemampuan untuk mengolah bahan mentah produksi menjadi bahan jadi.Disini perusahaan mengambil karyawan yang memang masih memiliki status kekeluargaan, dan masing-masing memiliki pengalaman bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga.
               b.Pelatihan karyawan
                   Karyawan yang telah diseleksi kemudian dilatih dan diberi motivasi tentang apa tujuan perusahaan memproduksi Karak Goreng Aneka Rasa ini, sehingga mereka memiliki kesamaan persepsi dan pemikiran. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kualitas dan ciri khas yang membedakan produk perusahaan dengan yang lain.
              c. Sistem remunerasi yang seimbang dan adil
                  Pembagian keuntungan dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan pada saat seleksi. Namun, tidak menutup kemungkinan perusahaan akan memberikan bonus pada karyawan yang memiliki produktivitas yang tinggi dan sungguh-sungguh dalam bekerja.

          4. Strategi penetapan harga
               Kemampuan untuk menentukan harga jual yang tepat akan sangat        menentukan nasib penjualan produk di pasaran. Beberapa hal penting yang diperhatikan oleh perusahaan dalam menetapkan harga jual di pasaran sebagai bagian dari manajemen harga diantaranya adalah
         a. Strategi pemasaran
              Perusahaan mempertimbangkan harga jual dengan perencanaan strategi  pemasaran yang baik karena laba perusahaan akan terpenuhi dari kemampuan dan strategi pemasaran yang kreatif
         b. Kualitas dan inovasi produk
             Faktor kualitas dan inovasi produk perusahaan menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi usaha Kami dalam menetapkan harga jual. Sehingga perusahaan Kami akan terus mempertahankan kualitas produk yang baik dan inovasi produk yang berkelanjutan
         c. Harga pesaing
              Perusahaan juga melihat harga yang ditawarkan oleh produk makanan ringan lain untuk mempertimbangkan penetapan harga.
            Untuk menarik konsumen, perusahaan akan menggunakan sistem multiple  price, yaitu apabila konsumen membeli harga dalam jumlah banyak, maka akan mendapatkan harga yang lebih murah dari harga standar.

> Proses Produksi
Untuk memproduksi Karak Goreng Aneka Rasa membutuhkan proses-proses sebagai berikut:
1) Keringkan nasi yang sudah matang dengan kualitas pilihan di panas matahari selama 2 hari
2) Jika nasi sudah kering akan menjadi karak
3  Kemudian pilih karak yang bersih dari kotoran
4) Panaskan sepertiga wajan dengan minyak hingga 190
5) Goreng karak hingga berwarna kuning keemasan dan tidak lembek
6) Angkat lalu tiriskan

 Gambar terkait  Gambar terkait
Selanjutnya adalah proses pengemasan  produk. Pengemasan ini dilakukan dengan memasukkan karak ke dalam plastik dan memasukkan label di dalamnya. Setelah itu, lipat plastik bagian atas lalu di staples.


BAB VI
PENUTUP
1             . Kesimpulan
             Karak Goreng Aneka Rasa ini berbeda dengan jenis keripik pisang yang ada di pasaran. Dengan menawarkan harga yang relatif sama di pasaran namun Karak Goreng Aneka Rasa ini memberikan varian rasa yang menarik sehingga masyarakat mendapatkan kepuasan yang lebih. Produk ini ditujukan pada semua lapisan masyarakat. Pendistribusian produk agar sampai tangan konsumen dilakukan dengan secara langsung dari produsen ke konsumen serta melalui toko-toko dan koperasi mahasiswa
2             .Saran
             Produk Karak Goreng Aneka Rasa diproduksi dengan proses produksi yang sederhana dan membutuhkan keterampilan oleh si produsennya.  Oleh karena itu, perusahaan akan secara kontinyu melakukan inovasi pada produk sehingga tidak membuat kejenuhan konsumen pada produk.

                                                                                                                      




Tidak ada komentar:

Posting Komentar